Kamis, 22 April 2010

TOPOLOGI JARINGAN

Topologi adalah suatu jaringan yg di dasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam bentuk suatu sistem jaringan. topologi jaringan yg sering di pakai yaitu Mesh,Start, Bus, Tree, dan Ring.

1. Topologi Mesh



topologi ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. jumblah saluran harus di sediakan untuk membentuk jaringan Mesh, adalah jumblah sentral di kurangi 1 (n-1, n = jumblah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dgn meningkatnya jumblah sentral yg terpasang. disamping kurang ekonomis jg relatif mahal dalam pengoperasiannya.

2. Topologi Star



Dalam topologi jaringan bintang/star, salah satu sentral di buat sbagai sentral pusat. bila di bandingkan dengan sistemm mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yg lebih sederhana sehingga sistem menjadi ekonomis, tetapi beban yg di pikul sentral pusat cukup berat. dgn demikian tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar

3. Topologi Bus


Topologi (Bentuk Jaringan)

Pada topologi ini semua sentral di hubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yg di sebut bus. transmisi sinyal dari suatu sentral tidak di lahirkan secara bersamaan dalam dua arah. hal ini berbeda sekali dengan yg terjadi pada topologi jaringan mesh dan bintang, yg pada kedua sistem tersebut dapat di lakukan komunikasi atau iterkoneksi antar sentral secara bersamaan. Topologi jaringan bus tidak umum untuk di gunakan interkoneksi antar sentral, dan biasanya di gunakan pada sistem jaringan komputer.

4. Topologi Ring



untuk membentuk Jaringan Ring/cincin setiap sentral harus di hubungkan seri satu dengan yg lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. sistem ini setiap sentral harus di rancang agar dapat berinteraksi dgn sentral yg berdekatan maupun berjauhan. dengan demikian melakukan switching ke berbagai arah sentral, keuntungan jaringan ini adalah tingkat kerumitan jaringan rendah, namun bila ad gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat di lewatkan pada arah lain pada sistem.


5. Topologi Tree




Topologi Jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya di gunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yg berbeda. untuk hirarki yg lebih rendah di gambarkan pd lokasi yg lebih rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar